Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Pariaman

Harga Kopra Anjlok

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 17 September 2019 JAM 06:43:54 WIB

Petani kelapa di Padang Pariaman dalam beberapa tahun terakhir mengeluh dengan turunnya harga kopra didaerah tersebut hingga mencapai harga terendah 3000 rupiah perkilogram. Petani mengaku tidak mengetahui, penyebab turunya harga kopra. petani berharap pemerintah terkait bisa turun tangan untuk meningkatkan kembali harga Kopra, agar petani kembali sejahtera.

Turunnya harga kopra ditingkat petani ini sudah terjadi sejak tahun 2018, dan terus berlanjut hingga sekarang dengan harga yang sangat rendah. dimana harga kopra saat ini berada diharga 3000 rupiah perkilogramnya, padahal sebelumnya harga kopra kelapa sampai menembus harga 12 ribu rupiah perkilogramnya.Turunya harga kopra saat ini, membuat petani kelapa di Kabupaten Padang Pariaman, khususnya di Sungai Geringgiang menjerit dan mengeluhkan harga kopra yang terus turun draktis.

Petani mengaku tidak mengetahui persis, apa penyebab turunya harga kopra. namun melihat dari hasil panen perkebunan buah kelapa Di padang Pariaman akhir-akhir ini kian melimpah, sehingga menyebabkan harga buah kelapa mengalami penurunan. Dimana harga kelapa saat ini hanya 1000 rupiah perbutirnya, padahal sebelumnya masih bertahan diharga 2.500 rupiah perbutirnya.

Semenjak harga kopra turun, petani kelapa makin menjerit dan kesulitan untuk menambah penghasilan, apalagi saat ini biaya hidup semakin mahal. Petani berharap pemerintah dan pihak terkait bisa menstabilkan harga kopra. pemerintah harus cepat turun tangan untuk meningkatkan kembali harganya, agar petani kembali sejahtera. Selain itu, turunya harga kopra saat ini, membuat petani terpaksa menyimpan kopra milik mereka, hingga harga kembali normal. Agar kualitas kopra tetap bagus, kopra yang disimpan harus dikeringkan lebih maskimal, agar kualitasnya tidak rusak.

Wartawan : ABDUL/ SYARIL
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat