Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Limapuluh Kota

Lahan Pertanian Warga Diserang Hama Tupai

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 13 September 2019 JAM 06:35:45 WIB

Belasan hektar lahan pertanian masyarakat di kelurahan ompang tanah sirah terancam gagal panen karena hama tupai. Selain menyerang lahan jagung, kakao dan kelapa, hama Tupai juga menyerang tanaman Pepaya.

Masyarakat tani di Kelurahan Ompang Tanah Sirah Kecamatan Payakumbuh Utara, diresahkan dengan ulah mengganasnya serangan hama tupai sejak  beberapa bulan bekalangan yang memakan  tanaman perkebunan masyarakat setempat. Tupai-tupai memakan  hasil perkebunan masyarakat seperti kelapa, kakao atau coklat dan jagung serta tanaman buah-buahan lainnya.

Selain menggangu hama ini juga merusak tanaman perkebunan para petani lainnya. Mewabahnya serangan hama tupai ini menyebabkan  kerugian materi yang dialami para petani karena terancam gagal panen. Berbagai cara untuk mengusir hama tupai dari ladang atau kebun warga telah dilakukan.

Mulai dari menakut-nakuti hama tupai sampai dengan memasang  seng di pohon tanaman agar hama tupai tak bisa memanjat, namun upaya ini  tidak banyak membantu. Hama tupai memakan buah tanaman petani saat pagi dan sore hari saat petani tidak berada di ladang. Area pertanian masyarakat yang diserang ancaman hama tupai diperkirakan mencapai 12 hektare. Untuk  mengurangi jumlah kerugian, dalam waktu dekat petani berencana akan melakukan perburuan hama tupai, agar hasil produksi pertanian masyarakat kembali meningkat.

Wartawan : EDWARD
Editor : Aurelie Moeremans


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat