Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Jumlah Pasien ISPA Meningkat

Kontributor DaerahKesehatan 11 September 2019 JAM 06:26:55 WIB

Jumlah Pasien Pendirita Ispa di Puskesmas Simpang Empat,  mengalami peningkatan sejak satu bulan terakhir. Petugas menduga, cuaca ekstrim dan kabut asap menjadi salah satu faktor meningkatnya kasus tersebut. Diduga akibat perubahan cuaca dan kabut asap, jumlah pasien yang menderita ispa, di wilayah kerja Pusekesmas Simpang Empat mengalami peningkatan.

Akibat peningkatan tersebut, ispa menduduki posisi kasus ketiga terbanyak ditangani oleh petugas medis. Tercatat, Agustus kemarin terdapat sekitar seratus lebih pasien ispa yang ditangani petugas, padahal beberapa bulan sebelumnya, jumlah pasien ispa selalu berada di bawah angka 100 pasien. Petugas mengaku, cuaca panas dan perubahan iklim, serta kabut asap, menjadi faktor utama masyarakat terdampak ispa.

Sehingga petugas meminta, masyarakat berhati-hati saat beraktivitas di luar rumah, terutama di siang hari, dan disarankan menutup mulut, apabila berkendara atau berada di daerah kabut. Kepala Puskemas Simpang Empat Fitria mengatakan, peningkatan kasus ini sudah mendapatkan perhatian khusus dari mereka. Petugas langsung melakukan penyuluhan dan pencegahan, dimulai dari Bidan Desa, hingga pertemuan tatap muka dengan masyarakat di setiap pelayanan.

Setiap hari petugas melayani sekitar Sembilan puluh seratus sepuluh orang pasein, dengan berbagai macam keluhan dan diagnosa. Hingga hari ini, petugas belum menemukan kasus ispa yang menghkhatirkan dan masih bisa ditangani oleh Dokter di Puskesmas. Menyikapi kondisi saat ini, petugas meminta masyarakat bisa lebih waspada kedepannya. Karena kondisi cuaca dan ancaman penyakit sulit dideteksi, terlebih bagi masyarakat yang bekerja di lapangan, atau di Lahan Pertanian atau Pabrik, sehingga bersentuhan langsung dengan alam.

 

Wartawan : ANDIKA / ANDIKA
Editor : Aurelie Moeremans


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat

WASPADA LONGSOR DAN BAJIR DI MUSIM HUJAN

28 Januari 2023 JAM 06:00:00 WIB

KECELAKAAN BERUNTUN 3 ORANG MENINGGAL DUNIA

28 Januari 2023 JAM 06:00:00 WIB

PASBAR BUTUH TEMPAT PENANGKARAN BUAYA

28 Januari 2023 JAM 06:00:00 WIB