Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Payakumbuh

Sentra IKM Rendang Mulai Dimanfaatkan

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 29 Agustus 2019 JAM 06:57:41 WIB

Sentra Industri Kecil Menengah (IKM) rendang yang dibangun dengan dana milyaran rupiah, mulai dimanfaatkan oleh Pemko Payakumbuh setempat melalui Dinas Tenaga Kerja Dan Perindustrian. Masih belum lengkapnya sejumlah peralatan menyebabkan produksi di ikm itu masih dalam skala kecil.

Produksi pabrik Rendang di sentra IKM kota Payakumbuh di kawasan Pasar Padang Kaduduak Kecamatan Payakumbuh Utara masih dalam skala kecil dan belum untuk skala ekpsor seperti perencanaan dibangunnya pabrik pengolahan rendang itu. Masih  kurangnya sejumlah peralatan menjadi sebab belum maksimalnya produksi rendang. Saat ini dengan jumlah tungku yang hanya beberapa unit, baru mampu memproduksi  20 hingga 30 kg rendang sesuai permintaan pasar local, itupun tidak setiap hari produksi baru dilakukan jika terdapat permintaan dari pemesan.

Sentra IKM sendiri telah memiliki izin untuk memproduksi sembilan jenis rendang diantarannya rendang daging,rendang paru,rendang jamur serta rendang ayam dan lainnya. Selain itu, dibangunnya gedung pabrik rendang juga merupakan upaya meningkatkan kualitas produksi dan rasa rending. Pabrik yang Dikelola Industri Kecil Menengah (IKM) Rendang itu dibangun sejak tahun 2017 lampau ditaksir menghabiskan dana miliaran rupiah, termasuk pembuatan dapur utama, dapur kecil dan peralatan.

Pemko payakumbuh, menargetkan produksi rendang untuk skala ekspor pada tahun 2020 mendatang.Namun karena ada permintaan pasar local, produksi dimajukan hingga saat ini. Selain itu, PEMKO terus mengupayakan agar (IKM) yang bergabung di kampung rendang bisa menggunakan peralatan yang telah memenuhi standar Industri di Sentra (IKM) rendang. Sebelum berproduksi untuk kebutuhan ekspor, pabrik di Sentra (IKM) rendang akan dilengkapi lagi dengan 10 dapur baru.

Wartawan : EDWARD
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat