Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Peralihan musim, masyarakat dihimbau waspada bencana

TVRI Sumatera BaratSeputar Sumbar 11 Mei 2016 JAM 06:00:00 WIB

Saudara, memasuki masa peralihan musim, setiap Kabupaten Kota dihimbau untuk waspada, terhadap ancaman bencana alam. Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Kota Padang memprediksi, ancaman ini akan berlangsung pada bulan Mei hingga Juni mendatang.

Memasuki masa peralihan musim hujan ke musim panas, Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika Kota Padang, menyatakan sejumlah daerah akan rawan terhadap bencana angin puting beliung. Hujan es serta tanah longsor. Potensi bencana ini terjadi hampir di seluruh wilayah Sumatera Barat termasuk di area zom dan non zom pada bulan Mei hingga Juni 2016 mendatang.

Pada masa peralihan ini intensitas hujan akan berkurang di sejumlah wilayah namun masih ada beberapa wilayah di guyur hujan dengan curah hujan yang tinggi. BMKG memprediksi sejumlah daerah yang berada di lereng seperti Sintinjau, Lembah Anai dan sekitarnya akan memiliki potensi bencana tanah longsor, sedangkan bencana banjir di sekitar pesisir pantai, serta beberapa bencana di daerah perbukitan lainnya.

Sejumlah wilayah Sumatera Barat akan memasuki peralihan musim pada waktu yang berbeda. Diantaranya Mapatunggul pada bulan Mei Dasarian ke dua hingga Juni Dasarian pertama. Limapuluh Kota bagian timur dan kota Payakumbuh pada bulan Mei Dasarian III hingga Juni dasarian ke dua, dan beberapa kawasan lainnya.

Wartawan : Sherly Zulkarnaen / Nurul Qolbi
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat