Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Pariaman

Abrasi Ancam Objek Wisata Pantai Kata

Kontributor DaerahBencana Alam 14 Agustus 2019 JAM 06:34:18 WIB

Abrasi mengancam kawasan objek wisata Pantai Kata, Kecamatan Pariaman Selatan, Kota Pariaman. Selain mengikis bibir pantai, sejumlah pohon besar yang berjejer juga ikut tumbang masuk kelaut. Jika tidak cepat diatasi salah satu objek andalan Kota Pariaman tersebut akan terus terkikis air laut.

Beginilah kondisi kawasan pesisir pantai objek wisata Pantai Kata, di kawasan Desa Taluak, Kecamatan Pariaman Selatan, Kota  Pariaman. Terlihat  bibir pantai terus terkikis, begitupun dengan pohon-pohon besar yang tersusun rapi dibibir pantai, kini tumbang masuk kelaut. Bahkan kondisi tersebut mulai merusak keindahan salah satu objek andalan Kota Pariaman tersebut.

Menurut pedagang yang berada dilokasi itu, abrasi pantai ini sudah terjadi sejak satu pekan terkahir, dimana air laut terus mengikis bibir pantai, sehingga mengakibatkan sejumlah pohon tumbang. Bahkan kini lokasi jualan para pedagang juga semakin sempit, akibat tebing yang biasanya tempat jualan para pedagang terus terkikis. Jika tidak cepat diatasi, pantai yang menjadi salah satu objek andalan Kota Pariaman tersebut akan rusak, sehingga akan berdampak teradap kunjungan wisatawan yang dating.

Melihat kondisi itu, Walikota Pariaman Genius Umar akan berkoordinasi dengan pihak balai untuk memintah bantuan penanganan abrasi. karena pesisir pantai merupakan tanggung jawab pihak balai. Sebelumnya, pihak balai sudah melakukan pemasangan batu grib dikawasan objek wisata Pantai Gandoriah,  yakni penanganan kawasan Monumen Angkatan Laut yang dikhawatirkan akan terkikis air laut.  Pemerintah Kota Pariaman berharap, pihak balai juga mengabulkan permohonan bantuan untuk penanganan abrasi Pantai Kata.

 

Wartawan : ABDUL/ SARIL
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat