Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Peminat SMA Boarding Meningkat di Pasaman

Kontributor DaerahPendidikan 30 Juni 2019 JAM 06:37:12 WIB

Jumlah  pendaftar calon siswa baru di SMA Boarding atau sekolah berasrama di Kabupaten Pasaman Barat meningkat. Peningkatan tersebut diduga karena adanya program unggulan berupa tahfiz al-quran, dan sejumlah program penunjang lain,  selain kemampuan akademik umum.

Sejak membuka pendaftaran calon siswa baru tingkat SMA beberapa minggu belakangan, panitia mengaku jumlah pendaftar calon peserta didik baru di sekolah boarding mengalami peningkatan jika dibandingkan dengan tahun sebelum.  Sebagian besar pelamar mengaku tertarik dengan program hafiz quran dan sejumlah program unggulan lainnya. Seperti yang terlihat di SMA Islam Terpadu Darul Hikmah di Aia Gadang. Hingga hari ini sekolah mangaku sudah menerima pendaftaran sekitar tiga puluh lima orang calon siswa boarding baru. Jumlah itu sudah melebih saparuh dari terget enam puluh orang peserta didik.

Kepala Sekolah SMA IT Darul Hikmah Indra Budiman mengatakan, peminat siswa boarding cenderung meningkat. Rencananya tahun ini mereka akan menerima sekitar seratus dua puluh siswa baru, namun karena keterbatasan sarana dan asrama,  sekolah memutuskan untuk menerima enam puluh orang saja. Hadirnya program tahfiz qur’an dan pembinaan karakter serta kemandirian anak, menjadi daya tarik calon peserta didik. Sebab, sejumlah perguruan tinggi favorit saat ini membuat jalur penerimaan siswa baru jalur tahfiz.

Disisi lain, sekolah juga memprioritaskan kemampuan akademik umum, bagi siswa SMA sederajat,  sehingga saat lulus,  siswa memiliki kemampuan lebih dari SMA reguler non asrama. Hal itu dibukitikan dengan sejumlah prestasi alumni beberapa tahun belakangan ini. Sekolah memprediksi, jumlah pelamar akan meningkat di awal bulan juli nanti, karena secara umum pendaftarakan PPDB online jalur zonasi dibuka tanggal empat hingga enam Juli. Sehingga besar kemungkinan siswa dan wali murid akan melamar ke sekolah sesuai jadwal.

Wartawan : ANDIKA / ANDIKA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat