Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Ribuan Masyarakat Rebutan Gula

TVRI Sumatera BaratSeni Budaya 06 Februari 2019 JAM 06:06:51 WIB

Ribuan warga muslim keturunan India di Sumatera Barat berebutan gula dalam tradisi Serak Gulo atau Tebar Gula, yang berlangsung di Mesjid Muhammadan, Jalan Batipuh, Pondok, Kota Padang. Serak Gulo merupakan tradisi india muslim yang di gelar secara turun-temurun untuk memperingati hari lahirnya, Soul Hamid ulama yang mengembangkan islam di India.

Serak Gulo di gelar setiap tahun yakni pada 1 Jumadil akhir, pada penanggalan kalender Hijriah. Saat ini tradisi Serak Gulo hanya ada tiga negara di dunia, yakni India, Singapura dan Indonesia, yakni yang berlangsung di Jalan Batipuh, Kota Padang , tradisi  ini dibawa oleh warga india ke kota padang sekitar ratusan  tahun yang lalu, dari daerah Nagoor India.

Serak Gulo dipercaya sebagai bentuk nazar bagi warga keturunan india, besarnya nazar dihitung dari banyaknya sumbangan gula pada tradisi ini. Tokoh masyarakat muslim india kota padang menjelaskan, gula yang di tebar pada kegiatan ini mencapai 8 ton, gula tersebut diperoleh dari sumbangan masyarakat india muslim, maupun masyarakat dan pemerintah kota padang, yang ikut berpartisipasi dalam ajang tahunan tersebut.

 

Wartawan : TUA SAMAN SIREGAR
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat