Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Pesantren Al-FalahButuh Bantuan Dermawan

TVRI Sumatera BaratPendidikan 31 Januari 2019 JAM 06:15:01 WIB

Pesanteran dan Panti Asuhan Al-Falah saat ini membutuhkan bantuan untuk memenuhi kebutuhan para santri dan anak asuh. Saat ini jumlah santri di Pondok Pesantren Al-Falah sebanyak 367 orang. Dibangunan dan ruangan yang tidak memadai ini lah para santri beserta anak asuh Pesantren sekaligus Panti Asuhan Al-Falah belajar dan menjalani kehidupannya sehari-hari. Pesantren sekaligus Panti Asuhan Al-Falah ini kini memiliki sebanyak 367 santri, 265 diantaranya merupakan anak asuh di Panti Asuhan. Pesantren Al-Falah memiliki jenjang pendidikan dari tingkat SD kelas 1 hingga kelas 3, tingkat SMP atau Madrasah, dan tingkat SMA setara dengan Tsanawiyah. Untuk memenuhi kebutuhan hidup sehari-hari para santri dan anak asuh,  Pesantren Panti Asuhan Al-Falah ini berharap pada donatur tetap yang terdiri dari beberapa orang serta sejumlah bantuan dari sejumlah organisasi dan perorangan.

 

Jika dikalkulasikan, kebutuhan untuk konsumsinya di Pesantren Panti Asuhan ini sekitar 75 juta Rupiah perbulannya atau sama dengan sekitar 4 juta Rupiah perhari. Tidak hanya itu, ditambah dengan kebutuhan lainnya seperti kebutuhan mandi, pakaian, belajar mengajar, seluruhnya bisa mencapai sekitar 120 Juta Rupiah per bulannya. Sedangkan dana yang terkumpul dari donatur hanya sekitar 20 Juta Rupiah per bulan. Hal ini lah yang membuat kondisi Pesantren Panti Asuhan Al-Falah semakin memprihatinkan. Jauh dari kecukupan seperti sejumlah Pesantren diluar sana. Sejak didirikan pada tahun 2012 lalu, jumlah santri dan anak asuh di Pesantren Al-Falah terus bertambah, bermula dari 8 orang kini menjadi 367 orang. Seluruh santri dan anak asuh ini merupakan anak yang berasal dari keluarga miskin. Saat ini 4 orang diantaranya merupakan anak Mualaf dari Kabupaten Kepulauan Mentawai. Santri dan anak asuh di Pesantren dan Panti Asuhan Al-Falah sangat membutuhkan fasilitas layak untuk tinggal dan belajar serta memperdalam ilmu agama.

 

Meski jauh dari fasilitas yang memadai, semangat para santri dan anak asuh untuk belajar tidak diragukan lagi. Hal ini terbukti saat proses belajar mengajar tengah berlangsung, antusias santri untuk belajar sangat tinggi. Meski belajar diruangan seadanya, dengan kondisi cuaca yang tak menentu, terkadang ketika hujan melanda atap ruangan tersebut bocor, namun hal tersebut tidak mengurangi minat belajar santri. Beberapa orang santri yang kini sudah duduk di bangku kuliah memiliki tekad yang besar untuk tetap mengabdi di pesantren memberikan ilmu kepada para santri secara suka rela. Selain itu, sejumlah guru yang mengajar dipesantren ini sebagian juga merupakan pembina pesantren yang bertugas menjaga santri baik dalam proses belajar mengajar maupun aktivitas di pesantren.

 

Guru dan pembina ini hanya digaji secara sukarela, bahkan bayaran sukarela itupun akan dibayarkan per beberapa bulan, karena tidak adanya anggaran. Meski demikian, guru dan pembina pesantren mengaku tidak keberatan dengan kondisi tersebut, justru mereka ikhlas untuk memberikan waktu mereka untuk mengajar dan menjaga para santri. Untuk itu pihak Yayasan dan Pesantren Panti Asuhan Al-Falah berharap uluran tangan para dermawan untuk membantu memenuhi kebutuhan santri dan anak asuh. Sebab dengan semakin banyaknya, bantuan yang diberikan para dermawan akan memberikan banyak manfaat bagi Pesantren dan Panti Asuhan Al-Falah yang berlokasi di Jalan By Pass Kilometer 16 tepatnya dibelakang Kantor TVRI Sumatera Barat.

Wartawan : HARMALIA CAHYANI
Editor : Aurelie Moeremans


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat