Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Agam

Potensi Wisata Pantai Sunur Maninjau Kembali Dibangkitkan

Kontributor DaerahPariwisata 25 Januari 2019 JAM 06:20:14 WIB

Pemerintah kecamatan Tanjung Raya bersama pemerintahan Nagari Maninjau kembali mengangkat potensi pantai wisata Bujuang Salapan Danau Maninjau. kegiatan diawali membersihkan pantai sikabu,Nagari Maninjau yang sudah semak belukar,mereka bergotong royong menghidupkan kembali wisata Danau Maninjau yang pernah jaya di era 1980.

Pemerintah Kecamatan Tanjung Raya, Kabupaten Agam merangkul masyarakat Nagari Maninjau untuk membangkitkan kembali potensi wisata Bujang Sambilan Danau Maninjau.kegiatan diawali membersihkan Pantai Sikabu di jorong Kubu Baru,rabu siang.Menurut camat Tanjung Raya,Handria Asmi,upaya tersebut berkat dorongan banyak pihak,membuat dirinya semangat mengajak masyarakat bergotong royong di setiap objek wisata tepian Danau.

Sesuai cerita rakyat,Danau Maninjau memiliki sembilan pantai yang disebut dengan Bujang Sambilan,pada tahun 1980 hingga 1990,wisata Danau Maninjau sudah terkenal ramai dikunjungi turis mancanegara,namun sejak danau sudah rusak karena adanya keramba jaring apung,turis tersebut sudah enggan berwisata ke Danau Maninjau.

Seiring program Save Danau Maninjau dicanangkan,penyelamatan dan pemulihan Danau Maninjau semakin gencar dilakukan,mendorong kesadaran masyarakat, untuk peduli kelestarian Danau, menggiring perekonomian masyarakat kepada sektor pariwisata dan pertanian.Selain membersihkan semak di kawasan Pantai Sikabu, Camat dan jajarannya juga menanam sejumlah pohon,berharap semakin mempercantik lokasi objek wisata tersebut nantinya.

 

Wartawan : RUDI YUDISTIRA
Editor : Humas TVRI Sumatera Barat


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat