Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang Panjang

Masjid Asasi, Masjid Tertua yang Bernilai Spritual

TVRI Sumatera BaratSeputar Sumbar 24 Mei 2018 JAM 06:35:58 WIB

Masjid Asasi, merupakan masjid yang tertua di kota Padang Panjang, masjid ini juga merupakan tempat pusat penyebaran Islam di kota Padang Panjang pada masa lalu. Sejarah yang ada pada masjid ini menjadi salah satu cagar budaya yang bernilai spritual. Masjid Asasi Sigando yang di kenal dengan masjid Asasi nagari Gunuang, merupakan sebuah masjid yang memiliki sejarah panjang di kota Padang Panjang. Masjid yang masih tetap berdiri megah ini masih di gunakan untuk kegiatan keagamaan.

Mesjid Asasi ini adalah masjid yang tertua di kota Padang Panjang, yang didirikan sekitar tahun 1685 secara bergotong royong oleh masyarakat empat Koto yakni koto Gunuang, koto Jaho, koto Tambangan dan koto Paninjauan. Masjid yang berukuran 300 meter persegi ini cukup unik, atapnya tidak memakai kubah, melainkan atap seng yang berbentuk persegi tiga, bagunan dengan bahan kayu ini,  dilengkapi dengan enam tiang penyangga dan satu tiang besar yang merupakan tiang tua  yang berada di tepat di tengahnya. Dinding masjid Asasi yang di penuhi oleh ukiran melambangkan sejak dahulu adat dan agama menjadi jati diri masyarakat Padang Panjang.        

Saat ini masjid Asasi telah menjadi bagunan cagar budaya yang selalu di kunjungi oleh masyarakat dari berbagai daerah. Sebagai salah satu bagunan cagar budaya, masjid Asasi merupakan masjid kebanggaan warga Sigando, arsitektur masjid Asasi masih di pertahankan masyarakat dari dulu seperti atap dan dinding masjid, sementara itu lantai bagian dalam juga pernah di renovasi,  sesuai dengan bentuk aslinya. Bagi anda yang berlibur ke kota Padang Panjang tidak ada salahnya mengunjungi masjid bersejarah ini.

 

 

Wartawan : SYAWALUDDIN
Editor : it support


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat