Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

5 hektar lebih sawah di Kecamatan Kuranji terancam gagal panen

TVRI Sumatera BaratPertanian 22 Februari 2018 JAM 06:15:44 WIB

Sejumlah petani di Kampung Lalang Kecamatan Kuranji Kota Padang meresahkan sulitnya aliran air yang mengairi sawah mereka sejak delapan bulan terakhir. Kondisi ini disebabkan aliran air menuju sekitar 5 hektar lebih sawah dikawasan ini tidak lancar akibat adanya bangunan yang menutupi aliran tersebut.

Lima hektar lebih sawah di Kampung Lalang Kelurahan Pasa Ambacang Kecamatan Kuranji terancam gagal panen akibat kesulitan mendapatkan air. Kondisi ini sudah terjadi sejak 8 bulan terakhir dan mulai meresahkan petani di  kawasan tersebut. Selain dilanda musim kemarau beberapa waktu lalu, kondisi sulit  ini juga disebabkan proyek bangunan yang menutupi aliran air yang biasanya mengairi sawah warga Kampung Lalang.

Salah seorang petani Kampung Lalang mengaku akibat kesulitan air  yang telah berlangsung selama 8 bulan terakhir menyebabkan hasil panen mereka berkurang secara drastis. Jika biasanya hasil panen padi tersebut bisa mencapai 35 karung kini hanya dapat memanen sekitar 10 hingga 12 karung bahkan nyaris gagal panen.

Jika kondisi ini dibiarkan petani Kampung Lalang khawatir hal tersebut dapat mengancam pendapatan mereka untuk memenuhi kebutuhan hidup.

Untuk itu, para petani ini berharap pemerintah segera mencarikan solusi tepat sehingga aktivitas petani di kawasan ini kembali normal.

Wartawan : Harmalia/ Nurul Qolbi
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat