Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Padang Pariaman

Warga Ingin Kembali Ke Perkampungan Sisa Gempa 2009

Kontributor DaerahBencana Alam 02 Oktober 2017 JAM 06:52:45 WIB

Warga korban gempa Jorong Lubuak Lawe dan Jorong Cumanak, Nagari Tandikek Utara, kecamatan patamuan, Kabupaten Padang Pariaman, mengharapkan perkampungan mereka dihidupkan kembali.

Pasalnya, pasca gempa bumi tahun 2009 lalu yang memporak-porandakan daerah tersebut kini sudah tidak berpenghuni, daerah tersebut kini hanya dijadikan lokasi perkebunan. Delapan tahun pasca gempa bumi 2009 yang memporak-porandakan Sumatera Barat, Padang Pariaman salah satunya yang merasakan dampak terparah dari musibah tersebut. Pasalnya selain ribuan rumah, gedung sekolah, rumah ibadah dan infrastruktur lainya yang hancur, juga ribuan warga meninggal dunia dan luka-luka. Salah satunya daerah Jorong Lubuak Lawe Dan Jorong Cumanak, Nagari Tandikek Utara, Kecamatan Patamuan yang  merupakan salah satu daerah terparah dari bencana gempa bumi tersebut. Sehingga pasca gempa, daerah ini tidak lagi berpenghuni, diperkuat dengan larangan pemerintah agar masyarakat tidak lagi menempati daerah tersebut, karena berada dizona merah dan berpotensi rawan bencana.

Kini delapan tahun berlalu, daerah tersebut sudah berubah tak seperti dulu lagi, diisi hamparan lahan perkebunan pepaya, pisang tumbuh menghijau, namun belum satupun warga yang tinggal. Warga mengharapkan perkampungan mereka dihidupkan kembali.

Hal yang sama juga diungkapkan Nofaldi, pasca gempa tahun 2009 lalu hingga sekarang daerah tersebut tak lagi diperhatikan pemerintah, termasuk akses jalan. Warga kesulitan saat membawa hasil perkebunan mereka dengan kondisi jalan yang rusak.

Warga berharap, perkampungan mereka bisa dihuni kembali, karena masyarakat menilai daerah tersebut sudah aman dari bencana.

Wartawan : ABDUL/ SYARIL
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat