Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Padang Pariaman

Museum dan Monumen Gempa Cumanak Dibiarkan Merimba

Kontributor DaerahPariwisata 02 Oktober 2017 JAM 06:34:39 WIB

Museum dan monumen gempa yang terdapat di daerah Lubuak Lawe Cumanak, Kecamatan Patamuan, Kabupaten Padang Pariaman, sudah tak terawat lagi. Pasalnya, monumen yang sangat bersejarah tersebut kini dipenuhi semak belukar seakan dibiarkan merimba.

Inilah, lokasi museum dan monumen gempa yang terdapat di daerah Lubuak Lawe Cumanak, Nagari Tandikek Utara, Kecamatan Patamuan, Kabupaten Padang Pariaman. Museum dan monumen yang dibangun tahun 2010 lalu ini kini kondisinya tak terurus. Karena tidak ada petugas, terkadang warga setempat yang membersihkan dengan bergotong royong, itupun saat akan dilakukan kegiatan tablig akbar oleh pihak nagari untuk mengenang dan mendoakan para korban yang meninggal. Namun sudah beberapa tahun terkahir kegiatan itu pun tak ada lagi, sehingga semak belukar tumbuh semakin tinggi.

Salah seorang pengunjung yang sengaja datang melihat monumen tersebut mengaku prihatin dengan kondisi monumen yang sangat bersejarah itu. Karena sudah tak terurus dan ditumbuhi semak belukar. Jika monumen ini bersih pasti banyak orang yang datang untuk melihat secara dekat, namun jika kondisiya seperti saat ini orang tidak akan datang karena takut.

Masyarakat berharap kondisi ini menjadi perhatian pihak terkait, dan bisa kembali dirawat bahkan dikembangkan untuk kawasan wisata.

Wartawan : ABDUL/ SYARIL
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat