Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Sawahlunto

Ratusan Rumah Di Kota Sawahlunto Tidak Layak Huni

Kontributor DaerahPemerintahan 02 Oktober 2017 JAM 06:15:23 WIB

Dari sedikitnya sekitar 400 rumah di kota Sawahlunto yang terdata masih tidak layak huni, hingga bulan september ini baru 30 rumah yang telah direhab. Sedikitnya 30 rumah tidak layak huni di kota Sawahlunto dibedah sepanjang tahun 2017 ini.

30 rumah ini dibedah melalui swadaya masyarakat, program pemerintah dan dana Badan Amil Zakat atau BAZ serta BUMN di kota Sawahlunto. Sebelum  dibedah, mayoritas keadaan rumah para masyarakat miskin ini sangat memprihatinkan dengan kondisi atap yang bocor, dinding retak serta hanya memiliki satu kamar. Beberapa rumah lainnya terlihat hanya dibangun dengan papan dan dan kasau yang sudah mulai lapuk, sementara lantai rumah pun juga terbuat dari kayu.

Ke 30 keluarga ini memiliki profesi berbeda-beda, mulai dari kuli bangunan hingga petani, namun tidak memiliki penghasilan tetap. Beberapa kepala keluarga juga mengaku memiliki banyak tanggungan sehingga tidak bisa menyisihkan penghasilan untuk merehab rumah mereka. Masih banyaknya rumah tidak layak huni di sawahlunto menuntut pemerintah segera melakukan hal sama agar tidak terjadi kecemburuan diantara masyarakat. Namun menurut pantauan jumlah rumah yang dibedah sudah mulai mengalami peningkatan yang signifikan, tahun lalu jumlah rumah yang dibedah hanya 6 unit. Meski begitu, masih ada ratusan rumah lagi yang tidak layak huni di kota tambang ini, menurut data pada tahun 2015 jumlah rumah tidak layak huni mencapai 400 unit.

Wartawan : INSAN KAMIL DAKOGA
Editor : Aurelie Moeremans


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat