Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Padang Pariaman

Masyarakat Manfaatkan Sungai Untuk Tambak Ikan

Kontributor DaerahKelautan dan Perikanan 29 September 2017 JAM 06:52:02 WIB

Masyarakat Korong Kampuang Manda Hiliang, Nagari Bala Hilia, Kecamatan Sungai Sariak, Kabupaten Padang Pariaman memanfaatkan aliran sungai untuk  tambak ikan. Meski mengalami pasang surut,  dengan kegigihan dan tekat yang kuat, usaha tambak ikan pun mengalami perkembangan.

Sungai batang Mangoi yang terdapat dinagari Bala Hilia, Kecamatan Sungai Sariak, Kabupaten Padang ini, tidak hanya digunakan warga untuk mandi dan mencuci pakaian, tapi juga dimanfaatkan warga untuk membudidayakan tambak ikan. Terlihat puluhan tambak ikan yang terbuat dari besi ini tersusun berjejer dipinggiran sungai Batang Mangoi, berisi ikan jenis mas yang sudah siap dipanen. Usaha budidaya tambak ikan ini sudah dilakoni warga sejak tahun 2009 lalu. Meski  mengalami pasang surut, usaha tambak ikan terus  dikembangkan.

Berton-ton ikan sudah dipanen dari tambak milik warga ini, ikan–ikan ini dijual tidak hanya didalam Sumatera Barat, tapi juga keluar Sumbar, seperti Medan dan Pekanbaru. Biasanya pembeli berasal dari pemilik usaha lomba pancing dan rumah makan. Mardinis salah satunya, mengaku mulai menekuni usaha budidaya tambak ikan ini sejak 2011 lalu. Dirinya  termotivasi dari rekannya yang memperoleh penghasilan besar dari memamfaatkan aliran sungai yang bersih. Di Kabupaten Padang Pariaman, baru daerah Bala Hilia ini yang baru memanfaatkan aliran sungai untuk budidaya tambak ikan. Jika ini dicontoh oleh warga lainya, tentu tidak ada lagi warga yang pegangguran, apalagi Padang Pariaman memiliki banyak batang sungai yang bisa dimanfaatkan.

Wartawan : Abdul/ Syaril
Editor : prihandonodona


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat

PASANGAN AMIN – MUHAIMIN UNGGUL DI PSU PARIAMAN

25 Februari 2024 JAM 06:00:00 WIB

BARANG ESTETIK DARI POHON KELAPA

25 Februari 2024 JAM 06:00:00 WIB