Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang Panjang

Pacu Upiah Lestarikan Permainan Anak Nagari

Kontributor DaerahSeni Budaya 14 Agustus 2017 JAM 06:23:54 WIB

Untuk melestarikan permainan anak nagari  sekaligus menyambut HUT RI yang ke 72  kecamatan Padang Panjang Timur gelar pacu upiah. Pacu upiah merupakan  permainan yang mengunakan kulit batang pinang yang diseret di atas sawah dengan anak-anak duduk diatasnya. Seperti apa keseruannya…berikut liputannya.

Sejumlah anak-anak dan orang dewasa bercampur baur untuk menyaksikan pacu upiah di sebuah sawah yang telah selesai di panen di kawasan Gajah Tanah Kubu Gadang kelurahan Ekor Lubuk kecamatan Padang Panjang Timur.

Meski becek,  peserta terlihat berjibaku untuk menjadi yang terdepan. Meski ada yang kalah, terlihat diwajah anak-anak tersebut rasa kegembiraan. Beberapa orang tua dan guru juga terlihat menyemangati anak-anaknya tetap semangat memgikuti lomba. Pacu upiah merupakan suatu permainan yang mengunakan kulit batang pinang yang diseret di atas sawah dengan anak-anak duduk diatasnya, permainan ini merupakan permainan anak nagari jika usai panen.

Camat Padang Panjang Timur Doni Raan Datuak Simarajo mengatakan pacu upiah ini digelar untuk menyambut hari Kemerdekaan Republik Indondesia Yang Ke 72 di kecamatan Padang Panjang Timur, selain itu pacu upiah merupakan permainan anak nagari, budaya daerah yang harus di lestarikan karena saat ini permaianan-anak nagari sudah banyak yang telah terkikis oleh zaman yang semakin maju.

Doni Raan menjelaskan banyak hal yang dapat di ambil dari permainan pacu upiah ini yaitu rasa kebersamaan,sportifitas,persaudaran dan kekompakan tim sangat terbentuk di pacu upiah ini. Permainan pacu upiah ini juga untuk mengingatkan kepada generasi muda sekarang sudah banyak yang tidak tahu lagi tentang permainan-permainan anak nagari, padahal permainan anak nagari merupakan suatu aset yang harus dilestarikan karena banyak mengandung nilai-nilai positif.

Peserta yang ikut sekitar 22 tim yang merupakan utusan sekolah dasar di kota Padang Panjang, kegiatan pacu upiah ini merupakan kegiatan yang pertama kali dipertandingkan dan rencana akan menjadi agenda tiap tahunnya.

 

Wartawan : ROBIHAM
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat