Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Bukittinggi

Museum Budaya Minangkabau

Kontributor DaerahSeni Budaya 20 Juli 2017 JAM 06:06:31 WIB

Sejarah Budaya Minangkabau tidak hanya dapat dilihat di  buku  atau media sosial. Secara langsung dapat kita saksikan  di museum Rumah Gadang Ba Anjung yang berlokasi di  Kebun Binatang Bukittinggi . Di lokasi ini terdapat peninggalan tempo dulu berupa peralatan musik tradisonal  hingga Al-quraan tulisan tangan  usai ratusan tahun. 

Bagi anda memiliki keinginan untuk mengetahui budaya dan sejarah Minangkabau , tidak ada salah kiranya  mengunjungi Museum Rumah Gadang Ba Anjung tepatnya berlokasi di kawasan Kebun Binatang Bukittinggi.

Koleksinya  cukup banyak dan memiliki nilai sejarah yang cukup tinggi ,museum ini baru diresmikan penggunanya  oleh pemerintah setempat dan menjadi wajah baru bagi Kota Bukittinggi sebagai destinasi wisata .

Koleksi museum ini beragam , mulai dari peralatan musik hingga perangkat rumah tangga yang di pakai masyarakat Minang tempo dulu.Saluang ,talempong dan bansi merupakan alat musik tradisonal Minang, dari alat musik ini  banyak melahirkan karya-karya yang saat ini dapat di  saksikan dalam acara resmi.

Selain alat musik ,  di museum  ini juga terdapat peralatan tukang,  alat membajak sawah serta peralatan rumah tangga, cangkir dan cerek , lampu minyak yang  terbuat dari perak .Bagi mereka yang berusia  70 hingga 80 tahun benda benda ini tidak asing bagi mereka.

Salah seorang pengunjung mengatakan sangat tertarik dengan koleksi musiem ini. Banyak pelajaran terutama generasi muda dalam rangka mengenal budaya Minangkabau. Pada liburan lalu lokasi ini bayak dikunjungi oleh wisatawan.

Wartawan : GUSRI EL FAISHAL
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat