Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

HARGA CABAI KIAN MELAMBUNG

TVRI Sumatera BaratEkonomi 14 Maret 2024 JAM 06:00:00 WIB

PADANG - Pemerintah Kota (Pemko) Padang akan terus memastikan ketersediaan barang tetap terjaga terkait melambungnya harga cabai di pasar dalam beberapa waktu terakhir.

Hal ini disampaikan oleh Asisten Ekonomi dan Pembangunan Setdako Padang Didi Aryadi, Rabu, 13 Maret 2023 saat melakukan pantauan Pasar Pabukoan di kawasan Imam Bonjol.

"Kita memiliki Tim Pengendalian Inflasi Daerah (TPID) yang telah bekerja sama dengan daerah-daerah penghasil, jadi jika memang saat ini permintaan semakin tinggi, kita akan menghubungi daerah-daerah produsen untuk segera memasok barang ke Kota Padang," katanya.

Ia menjelaskan, salah satu faktor yang menyebabkan naiknya harga cabai adalah kekurangan supply (pasokan) sementara demand (permintaan) tinggi. Untuk itu diperlukan upaya agar supply tetap terjaga.

"Seperti yang kita ketahui beberapa waktu terakhir daerah Sumbar juga dilanda bencana banjir dan longsor, hal ini sedikit banyaknya juga mempengaruhi psikis masyarakat akan terjadinya kerawanan pangan, sehingga menyebabkan harga naik. Namun ketika melihat bahwa ketersediaan itu ada, kita harapkan harga bisa kembali normal," ucapnya.

Ia menambahkan, untuk saat ini pasokan cabai sudah kembali lancar karena beberapa jalan dari daerah produksi yang terdampak bencana sudah mulai membaik.

Diketahui, harga cabai beberapa waktu terakhir menyentuh Rp120 ribu per kilogram, namun hari ini sudah mulai turun di harga Rp100 ribu per kilogram.

Wartawan : Tio Furqan Pratama
Editor : REDAKSI PORTAL MEDIA BARU


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat