Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Agam

MASYARAKAT MANINJAU SAMBUT RAMADAN DENGAN TRADISI PAWAI OBOR

TVRI Sumatera BaratKeagamaan 09 Maret 2024 JAM 06:00:00 WIB

Beginilah aktifitas ratusan masyarakat Jorong Bancah, Nagari Maninjau, kecamatan Tanjung Raya, kabupaten Agam. Orang tua, guru dan anak-anak melaksanakan tradisi pawai obor sebagai bentuk kebahagaiaan menyambut bulan suci Ramadan 1445 Hijriah.

Tradisi rutin setiap tahun itu bertujuan memperkuat semangat umat muslim untuk beribadah kepada Tuhan Yang Maha Esa. Sehingga terhindar dari segala bala dan musibah.

Yasni sukri, salah satu tokoh masyarakat mengatakan, tradisi ini selalu dilaksanakan setiap penyambutan bulan suci Ramadan dan tahun baru islam. Bertujuan pengingat umat islam secara keseluruhan, agar selalu mempekuat keimanan dan ketakwaannya kepada Tuhan Yang Maha Esa.

Selain untuk semua kalangan umur, kegiatan ini juga sebagai bentuk penguatan kaderisiasi pada anak-anak Maninjau. Penguatan dan memperdalam wawasan dan keimanan anak terhadap ajaran islam, menjadi bagian terpenting.

Kuatnya pengaruh globalisasi, terutama handphone dan android sering merusak otak dan mental anak, Agar meminimalisir pengaruh negatif teknologi informasi dan komunikasi itu, dibutuhkan upaya keras dengan berbagai kegiatan sosial budaya dan keagamaan pada anak-anak.

Wartawan : RUDI YUDISTIRA
Editor : REDAKSI PORTAL MEDIA BARU


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat