Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

MENGOLAH SAMPAH MENJADI FURNITURE CANTIK

TVRI Sumatera BaratSeni Budaya 28 Februari 2024 JAM 06:00:00 WIB

Inilah Rovan Farliandana. Warga kubu Marapalam, Kecamatan Padang Timur, Kota Padang berhasil mengolah sampah plastik menjadi furniture cantik, berupa kursi, meja, jam dinding, dan pot bunga.

 

Setelah mengumpulkan sampah - sampah plastik dari masyarakat, Rovan melakukan penyortiran sampah mulai  dari warna dan jenis sampah, seperti botol plastik warna putih, kuning, dan biru.

 

Setelah disortir, sampah plastik di cacah menjadi serbuk, dan di masukan ke sebuah cetakan kemudian di bakar menggunakan oven lebih kurang selama 60 menit dengan suhu 50 derajat celcius.

 

Hasil pemanasan serbuk sampah plastik menjadi lembaran dengan ketebalan 1,5 centi meter dibentuk sesuai keinginan menjadi kursi, meja, pot bunga, dan jam dinding.

Rovans mengatakan. Dalam 50 kilo gram cacahan sampah plastik bisa menciptakan 8 kursi atau meja, yang dinilai sangat efektif menjadi solusi menyelesaikan permasalahan  sampah plastik terhadap lingkungan.

Pria tamatan fakultas ekonomi , salah satu Univeristas Negeri di Padang tersebut berharap aksinya menjadi solusi dalam inovasi dunia furniture yang biasanya memakai kayu.

Wartawan : REDO JAYUSMAN
Editor : REDAKSI PORTAL MEDIA BARU


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat