Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Solok

DISABILITAS IKUTI SIMULASI PEMUNGUTAN SUARA

TVRI Sumatera BaratPolitik 06 Februari 2024 JAM 06:00:00 WIB

Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Solok melakukan sosialsiasi dan simulasi pemungutan dan penghitungan suara PEMILU 2024 bagi penyandang disabilitas di Tempat Pemilihan Suara atau TPS.

Ketua KPU Kota Solok Ariantoni mengatakan berdasarkan Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2017 Pasal 5, bahwa penyandang disabilitas mempunyai kesempatan yang sama sebagai pemilih baik itu pemilihan DPR RI, DPRD, DPD dan Presiden dan Wakil Presiden.

Sebanyak 85 orang pemilih disabilitas jadi peserta dalam kegiatan simulasi pemungutan dan penghitungan suara ini, diketahui untuk di Kota Solok jumlah pemilih disabilitas sebanyak 470 orang. Pihak KPU mengungkapkan bahwa ada tiga golongan disabilitas di Kota Solok yaitu Tuna Rungu,  Tuna Netra dan Tuna Daksa.

Pada hari pencoblosan nanti pihak KPU akan membuat TPS ramah disabilitas dengan berbagai macam kriteria diantaranya tidak ada tangga,  meja di TPS juga disesuaikan, boleh didampingi bagi yang tidak bisa mencoblos sendiri dan berbagai hal lainya, hal itu dilakukan agar pemilih disabilitas mendapat perlakukan yang baik dan merasa aman dan nyaman.

Wartawan : ARIE
Editor : REDAKSI PORTAL MEDIA BARU


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat