Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Solok

KPU KABUPATEN SOLOK SIMULASIKAN APLIKASI SIREKAP

TVRI Sumatera BaratPolitik 25 Januari 2024 JAM 06:00:00 WIB

Komisi Pemilihan Umum - KPU - Kabupaten Solok melakukan simulasi pemungutan dan penghitungan suara serta penggunaan Aplikasi Sirekap kepada anggota PPK dan PPS se-Kabupaten Solok.

Sirekap tersebut yaitu sistem informasi rekapitulasi elektronik yang digunakan oleh KPU untuk penghitungan suara. Sirekap digunakan sebagai alat bantu untuk merekap seluruh suara perjenis surat suara secara manual berjenjang.

Ketua divisi teknis penyelanggaraan Pemilu KPU Kabupaten Solok Desva Wandri menjelaskan Sirekap ini alat bantu untuk mempercepat perhitungan suara namun tetap mempedomani form C hasil di TPS masing-masing. Ada dua jenis Sirekap yang digunakan oleh pihak petugas penyelanggra yaitu Sirekap Online Dan Sirekap Offline bagi daerah yang tidak memiliki jaringan internet.

Diketahui yang di input didalam aplikasi Sirekap yaitu memasukan empat jenis Pemilu yaitu pemilihan Presiden, Wakil Presiden, kemudian pemilihan DPR RI, DPD, DPRD Provinsi dan DPRD Kabupaten Kota, selanjutnya mengisi form C hasil yang berisi perhitungan suara di TPS dan mengirim form C hasil ke Panitia Pemilihan Kecamatan atau PPK.

Wartawan : ARIE
Editor : REDAKSI PORTAL MEDIA BARU


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat