Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

Pemahaman Al Quran Dan Aplikasi Ibadah Melalui Pesantren Ramadhan

Kontributor DaerahPendidikan 13 Juni 2017 JAM 06:49:43 WIB

Pelaksanaan pesantren ramadhan di Pasaman Barat sudah mulai dilaksanakan selama satu minggu di sekolah masing-masing,  para siswa dan peserta pesantren ramadhan ditekankan untuk memahami dan mengahafal al-quran, serta tata cara pelaksanaan ibadah yang baik dan benar. Sejak beberapa hari terakhir  pelaksanaan pesantren ramadhan sudah dimulai di Pasaman Barat, pelaksanaan pesantren dilaksanakan di sekolah masing-masing dan dilaksanakan selama dua belas hari.

Salah satunya terlihat di SMA Negeri 1 Pasaman Barat, pelaksanaan pesantren ramadhan di sekolah tersebut menekankan kepada pemahaman dan hafalan al quran. Seperti siswa kelas unggul menamatkan dan menghafal satu juz untuk satu tahun, dan puncaknya akan dilaksanakan pada bulan suci ramadahan ini, sementara untuk kelas reguler di wajibkan menghafal ayat-ayat pada juz ama.

Selain hafalan dan pemahaman isi alquran, siswa juga diajak melakukan diskusi dan mempelajari tata cara pelaksanaan ibadah yang baik dan benar. Pasalnya jika kegiatan tersebut dilakukan dengan metode ceramah, maka dikhawatirkan akan membuat siswa mengantuk dan dinilai kurang efektif.

Kepala sekolah SMA Negeri 1 Pasaman Mastudiar mengatakan, metode ini dipilih sekolah untuk memudahkan siswa dalam memahami agama. Salah satunya diskusi tentang pelaksanaan ibadah shalat. Pihak sekolah berharap dengan adanya pesantren ramadhan ini, bisa merubah pola pikir siswa dan menambah pemahaman tentang ilmu agama mereka.

Wartawan : ANDIKA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat