Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Solok

Retribusi Naik,Omset Pedagang Turun

Kontributor DaerahEkonomi 09 Juni 2017 JAM 06:56:34 WIB

 Pasar pabukoan di Kota Solok sampai hari ini masih ramai pengunjung. Menurut pedagang penghasilan pedagang berkurang dari tahun sebelumnya akibat retribusi naik sebesar 50 persen. Sampai saat sekarang ini pasar pabukoan di depan gedung semi modern Kota Solok terus diramaikan masyarakat, meski ramai tetap saja  tidak  membuat para pedagang gembira.

Salah seorang pedagang ketika ditemui di lapangan mengungkapkan, jika dibanding di pasar pabukoan lama  di  jalan cengkeh, penghasilan di pasar pabukoan baru depan pasar semi modern ini masih jauh dibanding lokasi sebelumnya. Jika berjualan di jalan cengkeh, biasanya dalam sehari  pedagang  bisa menghasilkan lebih kurang 1 juta rupiah. Sementara ditempat baru omset pedagang hanya berkisar 500 ribu rupiah hingga 800 ribu rupiah perhari.

Dipindahkan nya pedagang oleh pihak pemerintahan Kota Solok dari pasar kuliner cengkeh untuk meramaikan pasar semi modern. Sementara itu retribusi pasar pabukoan saat ini juga meningkat dibanding tahun lalu. Jika tahun lalu di jalan cengkeh pedagang hanya membayar 100 ribu rupiah perbulan.

Di bulan ramadhan tahun ini  naik 50 persen menjadi 150 ribu rupiah perbulan ditambah lagi biaya kebersihan dan listrik sebesar lima ribu rupiah perhari. Para pedagang berharap Pemko Solok dan pihak terkait memperhatikan kondisi pedagang pabukoan yang berjualan di depan pasar semi modern.

Wartawan : ARIE PRATAMA SETIAWAN
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat