Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Demo Tanah Ulayat

TVRI Sumatera BaratSeputar Kota Padang 09 Mei 2017 JAM 06:56:33 WIB

Masyarakat Nagari Kepalo Hilalang, Kecamatan Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman menggelar aksi di DPRD Sumbar, terkait permasalahan tanah Ulayat. Hal ini dikarenakan tanah Ulayat tersebut diklaim pemerintah Kabupaten Padang Pariaman sebagai tanah negara. Puluhan masyarakat Nagari Kepalo Hilalang, Kecamatan Kayu Tanam, Kabupaten Padang Pariaman menggelar aksi damai di depan DPR Sumatera Barat.

Dalam aksinya masyarakat Nagari Kepalo Hilalang meminta DPRD Provinsi Sumbar untuk menyelesaikan permasalahan tanah Ulayat yang ada di Nagari Kepalo Hilalang, Padang Pariaman. Ketua KAN Kepalo Hilalang menjelaskan, pemerintah Kabupaten pAdang Pariaman mengklain tanah Ulayak seluas 600 hektar yang berada Nagari Kepalo Hilalang, Kecamatan Kayu Tanam  sebagai tanah negara.

Dan rencananya lahan tersebut akan dibangun Kampus Isi Padang Panjang  dan UNP, padahal masyarakat mengklain tanah tersebut merupakan tanah Ulayat yang telah dikuasai selama puluhan tahun. Tokoh masyarakat Kepalo Hilalang menyayangkan sikap pemerintah daerah Padang Pariaman yang berencana membangun fasilitas umum di tanah Ulayat tersebut tanpa persetujuan masyarakat setempat.

Wartawan : TUA SAMAN SIREGAR
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat