Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Solok

Berburu Babi Sarana Mempererat Silaturahim

Kontributor DaerahSeputar Sumbar 06 Maret 2017 JAM 06:10:26 WIB

Sumatera Barat memiliki kebudayaan dan tradisi yang beragam salah satunya adalah tradisi berburu babi hutan. Tradisi turun temurun yang sudah ada sejak dulu di Minangkabau ini hingga kini masih tetap diminati oleh lintas usia dan generasi. Buru babi atau istilah dalam bahasa indonesia disebut berburu babi hutan merupakan tradisi yang turun temurun sejak lama yang ada di Minangkabau.

Di Nagari Tanjung Bingkung Kabupaten Solok kegiatan alek nagari buru babi sudah rutin dilaksanakan masyarakat. Berburu babi ini diagendakan  satu kali dalam kurun waktu enam bulan, hal tersebut mengikuti pasca panen padi para petani. Biasanya sejumlah tokoh masyarakat ,dengan mengundang para pemburu babi dari berbagai daerah yakni Sumbar, Riau, Jambi bahkan ada yang datang dari Jakarta.

Berburu babi selain sebagai hobi, berburu babi juga dianggap sebagai media untuk berolah raga dan ajang untuk mempererat silahturahmi sesama pemburu babi dari berbagai daerah, selain itu berburu babi juga untuk membantu para petani dari hama babi yang mengganggu petani terhadap tanaman pertanian. Sementara itu berburu ini di ikuti oleh ribuan orang dari berbagai penjuru daerah, adapun peralatan berburu babi ini seperti golok, tombak dan menggunakan hewan peliharaan anjing.

Wartawan : ARIE PRATAMA SETIAWAN
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat