Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pesisir Selatan

KREATIVITAS MASYARAKAT DIRIKAN RUMAH POHON DI NEGERI ATAS AWAN

TVRI Sumatera BaratPariwisata 12 Februari 2023 JAM 06:00:00 WIB

Beginilah rumah pohon yang didirikan oleh Salpadriman Warga Nagari Pancung Taba, Kecamatan IV Nagari Bayang Utara, Kabupaten Pesisir Selatan. Sejak dirintis sejak 2015 lalu, lokasi ini secara berangsur mulai ramai dikunjungi dan dikenal banyak orang. Pengunjung yang datang bahkan tak hanya dari masyarakat local, melainkan juga dari manca negara, yaitu wisatawan asal Inggris, Jerman, dan Argentina. Berdirinya rumah pohon tersebut berawal dari ide Salpadriman saat anaknya ingin menyambung pendidikan ke perguruan tinggi.

Untuk mencari sumber pendapatan untuk membiayai kuliah sang anak, maka ia dan sang istri memanfaatkan lokasi tersebut untuk membangun rumah pohon yang dihadapkan dengan pemandangan perbukitan. Menariknya, tempat ini bahkan sudah viral dengan sebutan Negeri di Atas Awan. Penyebutan nama Negeri di Atas Awan, karena pada setiap pagi dan sore hari kawasan tersebut tertutup awan, sehingga ketika berada di rumah pohon, pengunjung serasa di atas awan. Untuk masuk kawasan rumah pohon, pengunjung tidak dipungut biaya. Pengelola hanya mendapatkan uang dari hasil penjualan kopi dan teh hangat, serta mie rebusnya yang khas dan panganan rakik kacang yang diproduksi sendiri.

Dari hasil penjualan minuman dan makanan tersebut, Salpadriman akhirnya mampu membiayai pendidikan sang anak hingga selesai di perguruan tinggi. Ia pun bersyukur karena setiap hari selalu saja ada pengunjung, namun pada momen akhir pekan dan lebaran, lokasi ini bakal padat pengunjung. Pengelola rumah pohon ini bisa meraup rupiah 1 juta per hari di saat pengunjung sedang ramai.

Wartawan : BAMBANG PUTRA NIKO
Editor : REDAKSI PORTAL MEDIA BARU


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat