Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

KONFLIK BUAYA DENGAN MANUSIA MASIH TERJADI

TVRI Sumatera BaratLingkungan 11 Februari 2023 JAM 06:00:00 WIB

Banyak muara dan daerah aliran sungai di Pasaman Barat, diduga menjadi salah satu faktor jumlah dan perkembang biakan buaya meningkat. Bahkan keberadaan buaya tersebut sudah seringkali menimbulkan konflik dengan manusia. Beberapa hari lalu, masyarakat Nagari Katiagan berhasil menangkap dan mengevakuasi seekor buaya sepanjang sekitar lima meter dengan selamat, dan diserahkan kepada BKSDA Sumatera Barat untuk dibawa ke tempat penampungan.

Keberadaan buaya tersebut seringkali muncul di sekitar permukiman dan aliran sungai, dan beberapa bulan terakhir sudah terjadi beberapa kali konflik atau penyerangan terhadap masyarakat, sehingga menimbulkan korban jiwa. Ketua BKSDA Sumatera Barat Khairil mengatakan, buaya yang berhasil ditiangkap masyarkat di Mandiangin dievakuasi ke tempat penampungan sementara di Kota Padang, selanjutnya akan diproses sesuai regulasi.

Konflik antara buaya dengan manusia diduga karena terganggunya habitat dan banyaknya jumlah buaya di aliran sungai. Warga diminta tetap waspada dan menjaga diri sehingga tidak ada korban berikutnya.

Wartawan : ANDIKA / ANDIKA
Editor : REDAKSI PORTAL MEDIA BARU


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat