Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pesisir Selatan

Daerah Aliran Sungai PesSel Rusak Pemicu Rawan Banjir

Kontributor DaerahBencana Alam 23 Januari 2017 JAM 06:03:05 WIB

Beberapa infrastruktur yang rusak akibar banjir di Kabupaten Pesisir Selatan dipicu oleh rusaknya daerah aliran sungai di daerah itu. Dampak kerusakan di khawatirkan terus meluas jika tidak segera ditangani secara maksimal.  

Rusaknya daerah aliran sungai memicu rawan terjadinya banjir dan berdampak pada kerusakan infrastruktur di Kabupaten Pesisir Selatan.Kondisi ini sangat disayangkan anggota Komisi IV DPRD Sumbar, akibat banjir beberapa waktu lalu telah merusak beberapa infrastruktur seperti jaringan irigasi, jalan dan jembatan di daerah ini. Seperti kerusakan sisi jembatan permanen yang rusak akibat digerus banjir di Nagari Iv Koto Mudian Lubuk Nyiur Kecamatan Batang Kapas serta kerusakan yang terjadi dibeberapa kecamatan lain di Kabupaten Pesisir Selatan.

Anggota komisi IV DPRD Sumbar Saidal Masfiyuddin mengatakan, kerusakan akses transportasi ini disebabkan rusaknya aliran sungai mulai dari hulu ke hilir, sehingga agar kawasan ini tidak rawan banjir perlu dilakukan upaya penanganan normalisasi sungai. Pihaknya mengupayakan penanaganan normalisasi Sungai Batang Kapas dilaksanakan oleh Pemerintah Provinsi tahun 2017 ini, terutama menangani jembatan yang rusak akibat banjir. Selain merencanakan upaya normalisasi sungai dari hulu ke hilir, DPRD Sumbar dan Pemerintah terkait mengusulkan perbaikan jembatan yang rusak akibat banjir pada tahun ini, dan meminta masyarakat setempat kedepan ikut menjaga lingkungan sungai agar tidak kritis.

Wartawan : NIINING ABRIANTI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat