Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Sawahlunto

76 Ekor Kuda Ikuti Kejuaran Pacu Kuda Kandi

Kontributor DaerahSeni Budaya 06 Desember 2016 JAM 05:22:01 WIB

Sebanyak 76 ekor kuda bertarung dalam kejuaraan pacu kuda di Sirkuit pacuan kuda kandi Kota Sawahlunto, minggu kemarin.

Pacuan ini mempertandingkan 14 kelas dengan rute terpendek berjarak 600 meter untuk kelas pemula dan rute terpanjang berjarak 1.500 meter untuk kelas Derby atau kelas utama. Selain itu hadiahnya pun cukup fantastis yaitu dengan total 264,5 juta rupiah.

Di kota Sawahlunto, pacu kuda sudah berlangsung sejak tahun 2006 dan akan terus dihelat untuk tahun berikutnya. Selain itu, tiap tahunnya kuda pacuan terus bertambah dari segi peserta dan hadiahnya. Selain peserta dari Sumatera Barat, sejumlah peserta datang dari  sejumlah provinsi tetangga seperti Jakarta, Aceh, Sumatera Utara hingga Riau.

Pada kelas utama Sawahlunto Derby total hadiah yang diperebutkan mencapai 150 juta rupiah. Keluar sebagai juara pada kelas Sawahlunto Derby kuda betina Delima Queen asal Payakumbuh dengan catatan waktu 1 menit 38,99 detik. Disusul  kuda jantan Kamang Chrome, dengan catatan waktu 1 menit 39,02 detik asal Bukittinggi serta tempat ketiga diisi kuda jantan Sempati Nusa, dengan catatan waktu 1 menit 40,32 detik asal Bukittinggi.

Selain itu antusias masyarakat Sumatera Barat juga cukup bagus, hal ini terlihat ramainya penonton di kajuaraan. Sawahlunto merupakan barometer olahraga berkuda  di Sumatera Barat serta mempunyai lintasan pacu berstandar nasional. Namun Sirkuit ini masih perlu dibenahi terutama penambahan tribun penonton, saat ini baru memiliki satu tribun vip yang hanya menampung 200 penonton. Menanggapi hal itu, Walikota Sawahlunto Ali Yusuf mengaku telah menganggarkan di APBD 2017 untuk penambahan tribun penonton serta perbaikan lapangan parkir. Selain itu, pada bulan Mei tahun depan di Sirkuit ini juga akan dipertandingkan pacu kuda Minang Derby, kejuaraan pacu kuda bergengsi lainnya.

Wartawan : Insan Kamil Dakoga
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat