Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Agam

MUSEUM SYEKH SULAIMAN ARRASULI DIRESMIKAN

TVRI Sumatera BaratBerita Nasional 28 Mei 2022 JAM 06:00:00 WIB

Museum Syekh Sulaiman Arrasuli di nagari Canduang Koto Laweh, Kecamatan Canduang/Kabupaten Agam diresmikan. Prosesi peresmian ini ditandangani oleh Gubernur Sumatera Barat,kemudian turut dihadiri oleh bupati agam,tokoh masyarakat minang,serta keluarga besar syekh sulaiman arrasuli atau juga dikenal dengan nyiak canduang. Di museum ini,dahulunya syekh arrasuli tinggal,bahkan pernah dikunjungi oleh presiden pertama indonesia, ir soekarno serta sejumlah wakil presiden di Indonesia. kemudian di museum ini juga terdapat sejumlah dokumentasi tentang nyiak canduang ini serta peninggalan sejarah hidupnya.

Syekh sulaiman arrasuli ini,lahir di canduang pada 1287 hijriah atau 1871 masehi. kemudian wafat pada tahun 1970. Sosok Syekh Sulaiman Arrasuli memang melekat erat dalam ingatan masyarakat Minangkabau,karena beliau adalah ulama besar dari Sumatera Barat dan juga pendiri partai perti serta pendidiri Madrasyah Tarbiah Islamiah Canduang.

Pasca peresmian Museum Syekh Sulaiman arrasuli,juga dilanjutkan sejumlah prosesi lainnya seperti,penanaman pohon di halaman ramah panjang,serta makan memperkenalkan tradisi makan bajamba di rumah anak Syekh Sulaiman Arrasuli Di Simarasok,Baso,Agam. Gubernur Sumatera Barat,Mahyeldi Ansharullah mengatakan,perjalanan Sykeh Sulaiman Arrasuli perlu diungkap,hal tersebut bisa dilihat di museumnya Di lokasi yang bereda,cucu syekh sulaiman arrasuli hc asrar arrasuli mengatakan,bahkan ia dari pihak keluarga sangat bersyukur atas dukungan masyarakat tentang peresmian museum serta diusulkan Syekh Sulaiman arrasuli menjadi pahlawan nasional.

 

Wartawan : KANADI WARMAN
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat