Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

PULUHAN RUMAH TERENDAM BANJIR

TVRI Sumatera BaratBencana Alam 23 April 2022 JAM 06:11:54 WIB

Sejumlah rumah masyarakat di Jorong Pasir Bintungan, Kabupaten Pasaman Barat terendam banjir sejak kamis subuh. Meluapnya aliran sungai batang Pasaman, membuat daerah itu menjadi kawasan langganan banjir.

Banjir diduga akibat curah hujan tinggi yang terjadi di Pasaman Barat, terutama di daerah hulu sungai,  di Kecamatan Talamau, dan Kecamatan Gunung Tuleh. Meski tidak berdampak korban jiwa, banjir membuat perabotan warga rusak dan harus di pindah-pindahkan.

Hingga kamis pagi, genangan air sudah mulai surut, warga terlihat membersihkan lumpur sisa banjir dan perabotan mereka. Banjir yang terjadi berulang kali, dinilai sangat merugikan warga, dan membuat mereka tidak nyama.

Warga mengaku, selain dampak curah hujan tinggi, pendangkalan di aliran sungai dan rusaknya saluran air pembuangan menjadi daerah itu cepat tergenang air. Mereka berharap ada perbaikan segera,  sehingga kejadian serupa tidak terulang.

Selain itu, warga sekitar juga khwatir dengan ancaman erosi dibibir aliran sungai batang Pasaman. Akibat runtuhan  tebing tersebut, saat ini aliran sungai sudah sangat dekat dengan permukiman warga, bahkan beberapa rumah warga terpaksa dibongkar agar tidak masuk ke sungai.

Wartawan : ANDIKA / ANDIKA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat