Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Bukittinggi

PERJALANAN DAKWAH DI MASJID JAMIK GUNJO

TVRI Sumatera BaratKeagamaan 19 April 2022 JAM 08:01:58 WIB

Inilah masjid jamik gunjo di kecamatan mandiangin Koto Selayan, Kota Bukittinggi. Masjid ini di bangun oleh Syeh Nurdin sekitar tahun 1920 di atas lahan kurang lebih 500 meter.

Dulunya, semua bangunan masjid ini dari bahan kayu dan terdapat dua menara yang cukup tinggi. Kemudian masjid ini menjadi pusat seluruh kegiatan masyarakat ,mulai dari ibadah, adat dan kesenian. Bahkan di masjid juga menjadi pusat pembelajaran,karena terdapat madrasah arabiyah yang didirikan oleh Syeh Muhammad Kasim.

Sekitar tahun 1950 an,masjid Jamik Gunjo di lakukan pembangunan gedung baru,karena bangunan lama sudah lapuk di makan usia. Menariknya,proses pembangunan masjid di lakukan secara gotong royong tanpa menggunakan tukang.

Bahkan,kelompok perumpuan juga ikut terlibat dalam proses pembangunan,seperti mencari pasir. Begitu juga ukiran pada mimbar masjid,juga mahakarya warga setempat,melalui lukisan tangan dari bahan semen. Pengurus masjid Jamik Gunjo,Amsar DT Limbago Sati mengatakan,masjid gunjo yang sekarang merupakan bangunan ke kedua, bahkan, masjid ini adalah tertua ke dua di kota bukittinggi.

Wartawan : KANADI WARMAN
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat