Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman

MINI FEATURE_ AIR TERJUN SOROSAH GONTIANG

TVRI Sumatera BaratPariwisata 28 Maret 2022 JAM 09:11:03 WIB

Sorosah Gontiang, merupakan nama sebuah air terjun yang berlokasi di Jorong Gontiang Nagari Languang Kecamatan Rao Utara Kabupaten Pasaman.Air terjun ini baru ditemukan pada tahun 2010 dengan lokasinya yang terletak diantara Kecamatan Rao Selatan Dan Kecamatan Rao Utara Pasaman.

Dari ibukota kabupaten pasaman ,Lubuk Sikaping waktu tempuh yang dibutuhkan menuju Sorosah Gontiang sekitar 2 jam dengan akses terdekat menuju lokasi objek wisata ini hanya bisa ditempuh lewat OBOM Nagari Lubuk Layang Kecamatan Rao Selatan. Dari OBOM menuju Sorosah Gontiang yang hanya bisa dilalui dengan kendaraan roda dua karena akses jalan yang cukup parah.

Dari Obom kita masih membutuhkan waktu sekitar 10 menit untuk sampai di Kampung Gontiang. Nah dari Kampung Gontiang ke lokasi air terjun kita masih harus berjalan kaki lebih kurang 700 meter dengan kondisi jalan yang cukup terjal dan licin apalagi ketika kami berkunjung kondisinya sehabis hujan, alhasil jalan setapaknya sangat licin serta harus ekstra hati-hati.

Akan tetapi akses jalan yang begitu parah tidak semerta-merta meruntuhkan semangat kami untuk tetap mengayuh langkah menuju rosah gontiang karena di sepanjang perjalanan kita juga disuguhkan dengan pemandangan perbukitan khas rao yang sangat indah.

Selain dikenal sebagai penghasil ikan, karet dan padi, ternyata Kabupaten Pasaman juga memiliki banyak destinasi wisata andalan tersembunyi seperti objek wisata air terjun Sorosah Gontiang ini.Hmm.. Benar saja sampai di air terjun semua rasa lelah diperjalanan hilang dengan keeksotisan yang disuguhkan.

Wartawan : TEJA ALONE
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat