Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

WARGA BINAAN PRODUKSI MINIATUR RUMAH GADANG SIAP JUAL

TVRI Sumatera BaratSeni Budaya 20 Maret 2022 JAM 11:03:21 WIB

Inilah hasil kreatifitas warga binaan di rutan atau rumah tahanan kelas II B maninjau. sejumlah miniatur rumah gadang, rangkiang, guci kertas dan tas sandang berhasil di produksi. Desrianto, kepala rutan maninjau mengatakan, warga binaan diberikan sejumlah pelatihan dan pembinaan secara serius, sehingga berhasil melahirkan beragam karya seni. Kini sejumlah warga binaan sukses menjadi pengrajin griya berupa miniatur rumah gadang dan sejenisnya.

 

Hasil produksi kerajinan bahkan memiliki nilai jual cukup menjanjikan untuk warga binaan . Beberapa hasil karya seni itu, berhasil dijual melalui banyak pihak. Jika kebutuhan bahan produksi dapat lancar dan tidak terputus, maka dalam waktu satu bulan bisa membuat miniatur sebanyak dua buah karya. Namun karena ketersediaan bahan disertai pengawasan yang cukup ketat, hasil produksi cukup sesuai kebutuhan saja.

Desrianto menambahkan, saat ini terdapat beberapa warga binaan, terlatih dan berhasil memproduksi miniatur . bahkan dapat dijual kepada pedagang yang membutuhkan.

Wartawan : RUDI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat