Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

FOKUS ISU PEREMPUAN, YEFRI HERIANI DUKUNG MAINSTREAMING GENDER

TVRI Sumatera BaratSosial 09 Maret 2022 JAM 07:08:11 WIB

Sudah aktif berorganisasi sejak menjadi mahasiswi, disela kesibukan mengemban pendidikan di salah satu perguruan tinggi Negeri di Kota Padang Yefri Heriani memberikan diri menjadi relawan disebuah ngo PKBI perkumpulan keluarga berencana indonesia. Berawal dari sanalah, ia fokus membahas isu seputar perempuan, mulai dari kesehatan reproduksi, HIV NAPZA hingga stigma negatif yang sering ditempelkan pada perempuan.

Sempat meniti karir di sejumlah perusahaan, kemudian Yefri Heriani mendirikan lembaga organisasi bersama temantemanya yakni organisasi nurani perempuan pada tahun 1999. Sejak itulah, ia juga vokal untuk menyuarakan kesetaraan gender pada kaum perempuan, ia melihat tidak sedikit perempuan di Sumbar yang masih mendapatkan perlakuan yang tidak layak, seperti kekerasan dalam rumah tangga, hingga kasus pelecehan seksual.

Dalam sistem pelayanan Publikpun perempuan sering terabaikan, Yefri mendorong adanya layanan khusus yang bisa di akses oleh perempuan, diantaranya menyediakan ruang lakstasi untuk ibu menyusui, transportasi umum yang layak diakses untuk wanita hamil serta memberikan ruang politik kepada perempuan.

Wanita paruh baya yang menuntaskan Pendidikan jurusan antropologi dan sosiologi yang saat ini menduduki jabatan sebagai kepala ombusdman perwakilan Sumbar ini juga masih aktif menyuarakan kesetaraan gender terhadap perempuan di era saat ini, faktanya masih banyak bias negatif tentang perempuan diantaranya penempatan mengisi jabatan tertentu di suatu perusahaan atau lembaga. Ini juga related dengan tema yang diangkat dalam peringatan Internasional WOMENS DAY yang diperingati hari ini tanggal 8 maret setiap tahunnya, yakni kesetaraan gender hari ini untuk masa depan yang berkelanjutan.

Wartawan : DELIMA/ TUA SAMAN SIREGAR
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat