Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pesisir Selatan

Pemuda Peduli Pemberdayaan Masyarakat Tertinggal

TVRI Sumatera BaratSeputar Sumbar 02 November 2016 JAM 07:08:41 WIB

Selain aktif mengabdi sebagai pegawai negeri sipil, salah seorang pemuda yang sehari-hari berdinas di Kantor Camat Koto Sebelas Tarusan ini mampu menggerakkan masyrakat khususnya nagari tertinggal di daerah ini.

Firmanto, sosok pemuda yang dinilai giat memberikan pemberdayaan kepada masyarakat yang masih tertinggal kehidupannya seperti yang ditemui di beberapa pulau dan kampung di kecamatan Koto Sebelas Tarusan.

Berbagai upaya pemberdayaan dilakukan terutama dalam menggerakkan masyrakat meningkatkan kreatifitasnya diberbagai bidang, sejalan dengan berkembangnya kawasan mandeh sebagai wisata nasional.

Berkat keseriusannya, saat ini sudah terbentuk kelompok penggiat wisata yang terdiri dari pemuda-pemuda nagari setempat, mereka berasal dari berbagai latar belakang seperti nelayan, penyelam, penarik boat, hingga pedagang makanan.

Selain sering turun ke lapangan, kelompok pemuda ini memfokuskan pembinaan kepada masyrakat yang masih tinggal di perkampungan yang belum memadai ekonomi masyrakatnya, seperti Nagari Sungai Nyalo Mudiak Aia, Mandeh dan Sungai Pinang.

Selain itu, kelompok pemuda ini juga aktif mempromosikan perkampungan tersebut dijadikan sebagai tempat tujuan kuliah kerja nyata akademisi, serta pihak tour dan travel yang membuat perkampungan ini semakin maju.

Wartawan : Nining Abrianti
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat