Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

PEREMPUAN DI IMBAU WASAPADA KBGO

TVRI Sumatera BaratLingkungan hidup 22 September 2022 JAM 06:00:00 WIB

Berbagai modus dilakukan Para Predator Seksual,  salah satunya kekerasan berbasis Gender Online. Kekerasan berbasis Gender Online memiliki target korban Perempuan, melalui pendekatan menggunakan Media Sosial. Direktur WCC Nurani Perempuan Sumbar, Rahmi Meri Yenti mengatakan sejak awal Tahun 2022, WCC Nurani Perempuan Sumbar telah menerima 8 laporan kekerasan terhadap perempuan. 5 diantaranya merupakan kasus kekerasan seksual, seperti Pemerkosaaan, Pelecehan Seksual dan Kekerasan berbasis Gender Online atau KBGO.

Dari sejumlah kasus tersebut, KBGO merupakan kasus yang paling susah untuk di ungkap secara hukum. Karena biasanya Korban KBGO tidak mengenali pelaku secara langsung namun hanya mengenali pelaku melalui media sosial yang menggunakan akun palsu. Biasanya pelaku akan mendekati korban dengan cara berkenalan melalui media sosial, dilanjutkan dengan komunikasi intens dan mengajak korban untuk melakukan VC kemudian membujuk korban agar memperlihatkan bagian  tubuh intim korban.

Pada saat itulah pelaku melakukan tangkapan layar ataupun merekam layar korban yang dijadikan sebagai bahan untuk mengancam korban guna menuruti permintaan pelaku. Motif pelaku beragam mulai dari untuk memenuhi kebutuhan seksual hingga melakukan pemerasan terhadap korban dengan ancaman foto dan video vulgar korban akan disebarkan jika korban tidak menuruti kemauan pelaku. Untuk itu dihimbau kaum perempuan agar tidak mempercayai dan terpengaruh modus para pelaku predator seksual yang meminta menunjukkan bagian tubuh tertentu sekalipun itu merupakan orang terdekat.

Wartawan : IRWAN SANTOSO
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat