Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman

AKSES JALAN RUSAK PARAH DI PANTI PASAMAN

TVRI Sumatera BaratSeputar Sumbar 09 Februari 2022 JAM 06:00:00 WIB

Kampung "Mudik Air" terletak di Jorong Lundar Nagari Panti Timur Kec. Panti, Kab. Pasaman, Nagari dengan Penduduk Berjumlah 150 KK ini sempat dijuluki kampung “Teras Nusantara Serai Wangi”. Hal ini karena daerah ini merupakan salah satu daerah yang membudidayakan Serai Wangi dan penghasil Serai Wangi cukup besar di Kab. Pasaman pada saat Serai Wangi menjadi Komiditi Primadona, namun ironisnya Kampung Mudik Air memiliki akses jalan yang tidak layak.

Hanya ada beberapa ratus meter saja jalanan yang di cor beton, akses jalan hanya berupa jalan tanah, jika hujan akan menjadi sangat licin dan berlumpur sementara di sisi badan jalan adalah jurang, dengan tanjakan dan turunan yang cukup tinggi. Sementara mata pencaharian utama masyarakat di daerah ini adalah bertani dan berkebun yang  membutuhkan akses jalan yang baik untuk dapat membawa hasil produksi mereka ke pusat kabupaten maupun daerah lain.

Bahkan saat ini  menuju Kampung Mudik Air ini tidak bisa menggunakan mobil sama sekali karena kondisi jalan tersebut. Jangankan menggunakan mobil, mengendarai sepeda motor saja harus extra hati-hati terlebih pada musim hujan seperti saat sekarang ini. Menurut  masyarakat setempat jika  penduduk sakit,  masyarakat akan menggotong menggunakan kayu menuju pusat Jorong Lundar dengan jarak 4 KM untuk  dibawa ke Rumah Sakit Panti ataupun RSUD Lubuk Sikaping. Sebaliknya saat ada yang meninggal Ambulance hanya bisa mengantarkan sampai jalan utama kemudian akan digotong kembali menuju kampung.

Wartawan : TEJA ALONE
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat