Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

Titik Api Masih Terpantau Di Sijunjung, Darmasraya Dan Solok

TVRI Sumatera BaratLingkungan hidup 20 Oktober 2016 JAM 12:15:01 WIB

Jika dibandingkan dengan tahun lalu pada bulan yang sama, tahun ini terjadi peningkatan jumlah titik api dan luasan kebakaran hutan dan lahan sekitar 25 persen.

Namun titik api yang di jumpai hilang dan timbul lagi hingga  laporan yang masuk ke Dinas Kehutanan Sumatera Barat pagi tadi terdapat di Kabupaten Sijunjung, Darmasraya Dan Solok.

Kawasan – kawasan di sekitar bukit barisan tersebut memang mengalami cauaca ekstrem saat ini di mana    hujan tidak turun hingga lebih dari sebulan terakhir. Akibat cuaca yang panas  terik tersebut memicu titik api muncul yang di duga akibat kelalaian manusia. Kebakaran paling parah saat ini terjadi di Silokek Sijunjung dimana menimpa hutan sekunder seluas 20 hektar lebih.

Kondisi berbanding terbalik dengan Kota Padang sekitarnya yang di landa hujan  sedang hingga lebat  beberapa hari terakhir. Untuk mengantisipasi sebaran titik api meluas, Dinas Kehutanan mengaktifkan  seluruh polisi hutan Sumatra Barat yang jumlahnya 155 personil dibantu  masayrakat peduli hutan, polisi dan  anggota BPBD kabupaten kota setempat.

Diakui Dinas Kehutanan Sumatera Barat, instansinya kekurangan anggota untuk menjaga hutan Sumatera Barat.

Oleh karna itu partisipasi seluruh masyarakat peduli hutan   kiranya ikut menjaga kawasan hutan yang ada di lingkungannya.

Wartawan : MAQRI NELVI L / JONI BAKRI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat