Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Padang Pariaman

ABRASI LANDA PEMUKIMAN WARGA

Kontributor DaerahLingkungan 09 Juni 2021 JAM 06:39:25 WIB

Abrasi patai melanda pemukiman warga dipesisir Pantai Pasir Baru Pilubang, Kecamatan Sungai Limau, Kabupaten Padang Pariaman. Akibatnya, 3 rumah milik warga rusak dibagian dapur dan jika tidak cepat diatasi kerusakan akan semakin bertambah parah. Beginilah kondisi abrasi yang melanda pemukiman warga dipesisir Pantai Pasir Baru, Nagari Pilubang, Kecamatan Sugai Limau, Kabupaten Padang Pariaman .

Terlihat, 3 unit rumah milik warga ini sudah rusak dibagian dapur, akibat dihantam air laut , jika tidak cepat diatasi kerusakan akan bertambah parah dan rumah warga terancam masuk kelaut. Selain itu puluhan pohon pinus penahan tebing yang sebelumnya tumbuh disepanjang bibir pantai, tumbang masuk kelaut. Menurut Linsarlim, tokoh masyarakat setempat kondisi itu disebabkan datangnya musim pasang, sehingga air laut mengikis sepanjang bibir pantai pasir baru yang belum memiliki batu penahan ombak itu.

Abrasi juga diduga disebabkan dampak pemasangan batu grib dibagian utara pasir baru, yang sebelumnya rusak para dilanda abrasi. dan sejak pemasangan batu grib dilokasi itu, kini ancaman abrasi berpindah kebagian selatan pasir baru yang banyak ditempati rumah penduduk. Kini warga sangat takut tinggal dirumah-rumah mereka, mengingat ombak besar masih terjadi. Masyarakat berharap, pemerintah bisa menambah pemasangan batu grib dilokasi abrasi, dan jika tidak cepat dilakukan, tidak hanya tiga rumah warga yang terancam, namun puluhan rumah warga disepanjang pantai pasir baru juga akan terdampak.

Wartawan : ABDUL , SARIL
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat

PASANGAN AMIN – MUHAIMIN UNGGUL DI PSU PARIAMAN

25 Februari 2024 JAM 06:00:00 WIB

BARANG ESTETIK DARI POHON KELAPA

25 Februari 2024 JAM 06:00:00 WIB