Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Tanah Datar

MENPAREKRAF MINTA PENGRAJIN TENUN BERADAPTASI DENGAN TEKNOLOGI

Kontributor DaerahPariwisata 23 April 2021 JAM 06:01:22 WIB

Dalam lawatannya ke Sumatera Barat, Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno menyambangi setra tenun Pandai Sikek. Kepada pengrajin tenun, Sandiaga meminta pengrajin untuk bersabar ditengah pandemi Covid-19 yang melanda dan beradaptasi dengan teknologi.

 

Menteri Pariwisata Dan Ekonomi Kreatif RI Sandiaga Uno menyambangi sentra tenun Pandai Sikek  di Kecamatan X Koto, Tanah Datar.

Menurut Sandiaga, songket sebagai sub sektor ekonomi kreatif perlu dikembangkan.  untuk itu, pengrajin dan pengusaha tenun harus bisa beradaptasi dengan teknologi untuk mendapatkan sentuhan dan bahkan dukungan dari pemerintah.

 

Harapannya ditengah pandemi Covid-19, pengrajin tenun untuk bersabar dengan menurunnya omset penjualan tenun, dan persoalan bahan baku. Meski demikian, pemerintah daerah diminta untuk mencarikan solusi keluhan para pengrajin tersebut.

 

Sandiaga berharap, pandai sikek sebagai pusat ekonomi Kreatif Luhak Nan Tuo,  kedepannya dapat menjadikan Tanah Datar sebagai tujuan utama pariwisata Sumatera Barat, dan bukan sekedar tujuan alternatif wisatawan.

Wartawan : ERIK
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat