Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

JADI CAGAR BUDAYA, MASJID GANTIANG BUTUH PERHATIANPEMERINTAH

TVRI Sumatera BaratSeni Budaya 15 April 2021 JAM 06:41:55 WIB

Pengurus masjid Raya Gantiang Padang minta perhatian pemerintah pasca ditetapkannya masjid Gantiang menjadi bangunan cagar budaya. Permintaan ini terkait belum adanya dukungan anggaran dari pemerintah untuk biaya perawatan dan pemeliharaan bangunan masjid.

Masjid Raya Gantiang merupakan masjid tertua di kota Padang. Masjid ini didirikan pada tahun 1790 dalam bentuk sangat sederhana terbuat dari kayu dan beratapkan rumbia. Pada tahun 1805 sejumlah tokoh  masyarakat dan ulama setempat sepakat untuk mendirikan bangunan masjid lebih baik.

Masjid ini didirikan di atas tanah wakaf yang berasal dari suku Chaniago dan biaya pembangunan masjid yang dihimpun dari sejumlah saudagar yang berasal dari Padang, Sibolga, Medan dan Aceh. Pembangunan masjid rampung dilakukan pada tahun 1810 atas dukungan salah seorang anggota Corps Genie Belanda.

Sementara arsitektur  bangunan masjid merupakan campuran budaya minangkabau , Timur Tengah dan Eropa. Dalam beberapa tahun belakangan masjid Raya Gantiang ditetapkan menjadi bangunan cagar budaya. Telah ditatapkan menjadi bangunan cagar budaya, pengurus masjid Raya Gantiang berharap adanya bantuan anggaran untuk biaya operasional dan perawatan masjid. Sementara biaya perawatan dan pemeliharaan masjid saat ini  berasal dari uang infak, sedekah jemaah yang dihimpun pengurus.

 

Wartawan : RISNALDI/ JONI SARTIKA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat