Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Tanah Datar

LANSIA SULAP TEMPURUNG MENJADI KERAJINAN BERNILAI EKONOMIS

Kontributor DaerahEkonomi 08 April 2021 JAM 06:41:10 WIB

Limbah tempurung kelapa diolah seorang LANSIA di jorong Babusalam Ekor Koto Sungai Tarab Tanah Datar menjadi kerajinan bernilai ekonomis.  Kerajinan tersebut belum tergarap maksimal dan terkendala pemasaran. Cangkir, asbak rokok, hingga pajangan yang indah ini semuanya terbuat dari tempurung kelapa. Kerajinan ini merupakan hasil karya Edman, seorang pria lansia berusia 70 tahun warga jorong babusalam ekor koto, Sungai Tarab Tanah Datar.

Di depan rumahnya yang sederhana ini, Edman bekerja mengolah limbah tempurung kelapa menjadi kerajinan yang memiliki nilai ekonomis. Basanya, hasil kerajinan tempurung kelapa Edman dikirim ke kota Padang, untuk dijual kembali oleh sang anak. Bagi Edman, mendapatkan bahan baku tempurung kelapa sangatlah mudah. Selain mencari kelapa yang tak terpakai ke ladang ladang warga, sebagian tempurung juga ia minta  kepada tetangga disekitaran tempat tinggalnya.

Profesi sebagai pengrajin limbah tempurung kelapa ini telah ia lakoni sejak tahun 2020 lalu, tepatnya sejak pandemi Covid-19 melanda. Ketiadaan penghasilan, membuat ia harus untuk mencukupi kebutuhan keluarganya sehari hari. Untuk satu kerajinan limbah tempurung kelapa dijual dengan harga yang bervariasi, tergantung tingkat kesulitan pengerjaan.  Ia berharap, kerajinan limbah tempurung kelapa yang ia buat dapat dipasarkan diberbagai objek wisata di Luhak Nan Tuo. Usia Edman yang telah senja mempengaruhi langkah kakinnya untuk memasarkan kerajinan tersebut.

Wartawan : ERICK
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat