Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Padang Pariaman

HARGA MANGGIS NAIK

Kontributor DaerahEkonomi 29 Maret 2021 JAM 06:15:16 WIB

Harga manggis di tingkat petani di Kabupaten Padang Pariaman naik tiga kali lipat dari harga sebelumnnya. Kenaikan harga manggis saat ini membuat petani manggis di daerah tersebut mulai bergairah. Kenaikan harga manggis di tingkat petani di Kabupaten Padang Pariaman ini sudah terjadi sejak sebulan terakhir. Dimana harga manggis saat ini naik tiga kali lipat dari harga sebelumnnya.

Seperti yang diungkapkan Walinagari Salibutan, Kecamatan Lubuk Alung Jahidir, menyebut bahwa harga manggis saat ini  mencapai Rp 75.000,00/KG. Padahal sebelumnya, harga manggis ditingkat petani hanya dijual seharga Rp 15.000,00 hingga Rp 20.000,00/KG. Namun seiring tingginya permintaan manggis dari daerah luar, berdampak terhadap harga manggis di tingkat petani. Naiknya harga manggis saat ini membuat petani manggis senang, karena harga manggis saat ini merupakan harga tertinggi sepajang sejarah. Apalagi kenaikan harga manggis saat ini beriringan dengan  datangnya musim berbuahnya manggis milik masyarakat.

Selain itu, Jahidir juga menyebut, bahwa masyarakat di Nagari Salibutan mayoritas memiliki batang manggis 10 hingga 15 batang manggis setiap rumahnya. Dan beruntungnya disaat harga manggis mengalami kenaikan saat ini, manggis milik masyarakat sedang musim berbuah. Manggis milik masyarakat di Nagari Laibutan ini, biasanya dipanen langsung oleh pihak toke, sehingga masyarakat hanya tinggal senang menerima uang saja. Petani berharap harga manggis terus naik dan minimal bertahan diharga saat ini, agar ekonomi masyarakat petani meningkat.

Wartawan : ABDUL / ABDUL
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat