Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Solok selatan

KAMPUNG BINJAI PESISIR SELATAN DILANDA BANJIR

Kontributor DaerahLingkungan 08 Maret 2021 JAM 06:10:04 WIB

Kampung binjai, di kecamatan ranah ampek hulu tapan, Pesisir Selatan kembali dilanda banjir, luapan batang sungai tapan mengalir ke pemukiman masyarakat, dengan ketinggian sekitar 40 hingga 70 sentimeter. Beginilah kondisi banjir yang merendam badan jalan serta pemukiman masyarakat di kampung binjai dan kampung tengah,kecamatan ranah ampek hulu tapan.

Banjir ini terjadi pada pukul 16.30 wib sore kemarin dan berlanjut hingga malam. Akibat banjir tersebut,kurang lebih 40 rumah warga terendam air., Selain rumah, tanaman warga baru siap tanam, seperti jagung, kacang tanah, dan sawah juga ikut terdampak banjir.kerugian petani diperkirakan sekitar 50 juta rupiah. Sementara itu, tim bpbd yang berada di kecamatan setempat juga telah mengunjungi lokasi dan melakukan pertolongan jika memerlukan evakuasi, namun rata-rata masyarakat masih banyak yang bertahan didalam rumah.

 

Yaparudin salah seorang warga setempat, meminta agar pemerintah daerah dapat cepat tanggap untuk menangani persoalan banjir.tanggul yang jebol di batang sungai tapan sekitar dua tahun lalu, diminta untuk diperbaiki, karena saat intensitas hujan tinggi, air begitu cepat mengalir ke pemukiman warga. Kepala seksi kedararutan bpbd Pesisir Selatan, hasnul karim mengatakan, banjir yang melanda kampung binjai merupakan yang kedua kalinya terjadi berturut  turut, sebelumnya pada jumat 5 maret 2021 banjir juga melanda kampung tersebut,dan sabtu sore kembali direndam banjir,namun hingga tadi malam sekitar pukul 23.50 wib air sudah mulai menyusut. Tidak ada korban jiwa dalam peristiwa itu,namun warga diminta untuk lebih waspada dalam mengahadapi ancaman bencana.

 

 

Wartawan : BAMBANG PUTRA NIKO
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat