Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Solok selatan

DINAS SOSIAL SOLSEL TANGGAPI BANTUAN BENCANA BANJIR BANDANG TAHUN 2019

Kontributor DaerahLingkungan 08 Maret 2021 JAM 06:58:03 WIB

Dinas sosial pemberdayaan Masyarakat desa Solok selatan, tanggapi penggunaan dana bantuan bencana banjir bandang tahun 2019 di nagari Pakan Rabaa Timur, Kecamatan Koto Parik Gadang Diateh yang hebohkan media sosial. Saat bencana alam melanda pada tahun 2019 lalu, ada beberapa sumber bantuan yang masuk berupa uang tunai maupun barang yang berasal dari berbagai pihak ke pemerintah kabupaten Solok Selatan. Kepala dinas sosial pemberdayaan masyarakat desa Solok Selatan, zulkarnaini menjelaskan, dari seluruh bantuan yang masuk baik secara langsung maupun melalui pemerintah kabupaten Solok Selatan, secara keseluruhannya telah tersalurkan.

Namun, perlu diketahui bantuan bencana alam dari berbagai pihak tersebut bukan tertuju ke satu daerah di nagari Pakan Rabaa Timur seperti yang dihebohkan di Media Sosial, melainkan terbagi dibeberapa daerah yang terkena bencana di Solok Selatan. Dari rincian dana bantuan bencana yang didapatkan untuk Solok Selatan, dana siap pakai dari bnpb sebesar dua ratus 50 juta rupiah, yang digunakan untuk pembukaan jalan yang tertutup longsor dan dapur umum, ditambah tahap dua sebesar 500 juta rupiah, yang digunakan untuk penahan tebing dan dapur umum di kampung Terandam dan Talantam.Selanjutnya, bantuan yang langsung digunakan oleh nagari Pakan Rabaa Timur, bantuan dana bencana dari anggota dpr ri sebesar 170 juta, ditambah seribu zak semen yang penggunaan telah disepakati oleh nagari untuk perbaikan pembangkit listrik, dengan laporan penggunaan yang telah disetujui.

Selanjutnya, bantuan dari pt pusri seratus juta rupiah, bantuan BTT provinsi 350 juta rupiah, dan terakhir dari BAZNAS Provinsi sebesar 200 juta rupiah, secara keseluruhannnya, penggunaan tersebar di beberapa daerah terdampak bencana di Solok Selatan. Dipastikan, penggunaan dana bantuan bencana tersebut telah terdistribusikan kedaerah terdamak bencana sesuai dengan kebutuhan, diharakan masyarakat tidak terpancing dengan informasi hoax yang tidak jelas sumbernya.  

 

Wartawan : DIKY LESMANA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat