Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKota Padang

5 DAERAH BERPOTENSI KARHUTLA

TVRI Sumatera BaratIklim 24 Februari 2021 JAM 06:11:21 WIB

Berdasarkan pantauan yang dilakukan oleh Dinas Kehutanan Sumbar, 5 Daerah berpotensi terjadi karhutla di musim kemarau karena ditemukan sejumlah titik panas. Daerah tersebut antara lain Kabupaten Pesisir Selatan, Pariaman, Agam, Pasaman Barat dan Kabupaten Dharmasraya. Dua minggu terakhir beberapa kawasan di Sumatera Barat, mengalami cuaca panas dan musim kemarau, hal ini berdampak terhadap terjadinya bencana kebakaran hutan dan lahan.

Kepala Bidang Perlindungan Hutan dan konservasi sumber daya alam Dinas Kehutanan Sumatera Barat, Mgo Senatung mengakatakan di Sumatera Barat terdapat beberapa titik hotspot yang berpotensi memicu terjadi kebarakan hutan dan lahan khususnya di kawasan hutan lindung dan hutan produksi. Beberapa daerah tersebut antara lain, Kabupaten Pesisir Selatan, Pariaman, Agam, Pasaman Barat dan Kabupaten Dharmasraya. Selain cuaca, salah satu penyebab karhutla yang sering terjadi kawasan tersebut bersumber dari aktivitas masyarakat untuk mempersiapkan dan membersihkan lahan dengan cara dibakar.

Untuk mengantisipasi hal tersebut, dinas Kehutanan Sumatera Barat telah mengeluarkan surat edaran, agar seluruh kesatuan pengelolaan hutan lindung dan produksi agar siaga dalam menyambut musim kemarau. Selain itu, memberdayakan kelompok masyarakat, yang di sebut dengan kelompok masyarakat peduli api sebagai perpanjangan tangan Dinas Kehutunan untuk memantau dan melaporkan bencana karhutla. Meskipun demikian Dinas Kehutunan Sumatera Barat mengaku siap dalam menghadapi karhutla di Sumbar dengan segala sarana dan prasarana yang memadai.

Wartawan : IRWAN SANTOSO, ATVRIANDI
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat