Berita

Berita Seputar Sumatera Barat

BeritaKabupaten Pasaman Barat

KECAMATAN TALAMAU DAERAH PANDEMI HAMA TIKUS

Kontributor DaerahPertanian 20 Februari 2021 JAM 06:19:47 WIB

Dinas Pertanian, Tanaman Pangan dan Holtikultura meminta petani padi di Kecamatan Talamau melakukan tanam serentak sebagai upaya menekan serangan hama tikus. Kecamatan Talamau merupakan salah satu daerah pandemi hama tikus dan harus bekerjasama untuk menanggulanginya.

Serangan hama tikus terhadap padi petani di Kecamatan Talamau ,Kabupaten Pasaman Barat, menjadi salah satu kendala. Berdasarkan Data Dinas Tanaman Pangan Holtikultura dan Perternakan, Kecamatan Talamau merupakan salah satu daerah endemi tikus.

Upaya pencegahan wabah tersebut, harus dilakukan dengan tertib melakukan tanam serentak, dan pembasmian hama sejak awal akan mulai bertanam, serta disusul dengan sejumlah kegiatan lainnya, seperti berburu tikus dan menanam bibit berkualitas dan tahan hama.

Berdasarkan data, kerusakan sawah petani akibat hama tikus di Sinuruik mencapai ratusan hektare. Sebagian petani terpaksa mengolah kembali batang padi mereka, agar bisa menghasil lebih maksimal dan tidak rugi besar.

Kepala Dinas TPHP Kabupaten Pasaman Sukarli mengaku, sudah berupaya melakukan pencegahan hama tikus. Namun saat ini, belum semua petani di talamau melakukan tanam serentak, sehingga berdampak terhadap serangan hama tikus.

Upaya lainnya, Pemerintah Kabupaten, Kecamatan dan Nagari berupaya melalui Tim terpadu, memberikan bantuan sejumlah sarana, penanggulan serangan tikus, dan goro bersama di titik atau sarang tikus.

Sebagai salah satu daerah lumbung padi Pasaman Barat, tikus selalu menjadi tantangan bagi petani di Talamau. Selain Talamau, sejumlah daerah lainnya, juga diserang hama,namun tidak terlalu vatal dan hasil pertanian mereka tetap bisa maksimal.

Wartawan : ANDIKA
Editor : PPID TVRI SUMBAR


❝❞ Komentar Anda

Berita Lainnya

Berita Terkini Seputar Sumatera Barat